Entri Populer

Senin, 31 Januari 2011

Pelantikan Pengurus LDK Al Hurriyaah IPB 2011


 “خير سلف بخير خلفPatah tumbuh hilang berganti. Begitulah pepatah Arab biasa mengiaskan prosesi regenerasi atau pelantikan. Pelantikan kerap dilakukan oleh semua organisasi guna menciptakan generasi penerus dalam organisasi itu sendiri. LDK Al-hurriyyah IPB pun sebagai lembaga kemahasiswaan yang bergerak dalam bidang dakwah telah melakukan pelantikan pengurus tahun 2011.
Sabtu, 22 Januari 2011 tepat jam 20.00 Wib rangkaian pelantiakn dimulai dengan penuh semangat, acara diawali dengan MABIT (Malam Bina Iman dan Takwa) yang  terdiri beberapa kegiatan yang menakjubkan seperti  games untuk meningkatkan, makan bersama, qiyamul lail ,   sholat subuh berjamaah di masjid Al-Hurriyaah, dan Out Bond dipagi harinya.

Out Bond dibuka sebelum matahari menampakkan senyum ke bumi ini,  Para kader dakwah berbondong-bondong menyusuri jalan yang basah karena embun pagi untuk berkumpul di lapangan masjid Al-hurriyyah. Pembacaan basmalah dan tilawah Al-qur’an surat Al-anfal ayat 1-7 membuka acara pra-pelantikan itu. Selain itu, riyadhoh (olahraga) bersama juga dilakukan para kader dakwah dengan semangat. Kemudian mereka dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menyusuri peta yang telah diberikan oleh panitia. Dalam peta tersebut kader dakwah (calon pengurus) akan singgah pada dua pos. Setiap pos akan menguji tugas-tugas hafalan dan pemahaman calon pengurus yang telah diberikan oleh panitia. Pada pos pertama setiap kelompok dituntut untuk mampu menyebutkan dan memahami sepuluh muwashofat (ciri muslim yang baik) dan pos kedua setiap kelompok dituntut kembali untuk mampu mengulang hafalan surat Ash-shaf  1-4 yang telah ditugaskan oleh panitia.selain itu, setiap kelompok pun harus mengucapkan clue-clue berupa ikrar yang di berikan panitia pada setiap pos, hal tersebut mengingatkan calon pengurus akan arkanul bai’at yang wajib dipahami bagi mereka yang akan terikat janji. Banyak sekali pelajaran-pelajaran yang didapat pada prapelantikan, contohnya manajemen organisasi, pentingnya ukhuwah islamiyah, dan lain-lain.
Setelah calon pengurus dan panitia sarapan bersama, mereka bersama-sama jalan menuju lapangan masjid al-hurriyyah. Di sana, suara MC mendominasi untuk mengkondisikan peserta, upacara pelantikan pengurus LDK Al-hurriyyah 2011 pun dimulai. Tilawah Al-qur’an kembali membuka upacara tersebut. Segala prosesi pelantikan dilakukan mulai dari tausiyah oleh ust. Furqon, penyerahan bendera Al-hurriyyah kepada ketua LDK Al-hurriyyah 2011 (Abdul Basyir), penyematan pin secara simbolis, orasi sang ketua LDK Al-hurriyyah 2011 sampai menyanyikan mars Al-hurriyyah dilakukan dalam suasana khidmat. Seluruh peserta upacara pelantikan pengurus LDK Al-hurriyyah mengikutinya dengan teratur dan semangat. Orasi sang ketua pun menggema “...dalam dakwah tidak mengenal istilah estafet kepemimpinan, namun lebih tepat jika disebut tangga kepemimpinan....”.
Akhirnya, muhasabah dan do’a rabithah oleh wakil ketua LDK Al-hurriyyah (Moh. Zaiful Arifin. Hb) menggenapkan prosesi upacara pelantikan tersebut. Muhasabah dilantunkan dengan penuh khidmat, membuat hati ini semakin kokoh dalam barisan dakwah ini “Sungguh engkau maha mengetahui bahwa hati-hati ini telah  berhimpun dalam naungan cinta mu.................”.
“...dakwah itu seperti pohon yang berada di samping kanan kiri kita dan kita seperti daunnya. Pohon akan terus berdiri tegak walaupun daun-daunnya berguguran begitu juga dakwah yang akan terus berjalan walaupun kita berguguran dalam medan dakwah tersebut...”

1 komentar:

  1. Awal dari sebuah perjuangan menuju kampus MADANI,
    Awal dari sebuah pergerakan mencetak pribadi Robbani,
    Awal dari sebauh karya sebagai sebuah tonggak kehidupan ini.
    Selamat berkarya

    BalasHapus